Saturday, October 25, 2014

Desain Pekerjaan (Job Design)


 http://www.museonline.com/blog/wp-content/uploads/2012/03/124136342.jpg



Jabatan atau pekerjaan harus dapat meningkatkan produktivitas organisasi, meningkatkan kepuasan kerja, memotivasi, mengurangi turn over, dan meningkatkan kemampuan. Oleh karena itu, pekerjaan harus didesain dengan baik agar menjadi sumber motivasi, kepuasan kerja, dan produktivitas. Desain pekerjaan adalah penentuan cakupan pekerjaan, wewenang, lingkungan kerja yang mendukung, spesialisasi dari sebuah proses atau organisasi.
Tujuan dari desain pekerjaan itu sendiri adalah untuk mengatur pekerjaan-pekerjaan yang dibutuhkan organisasi, peralatan-peralayan dan hubungan social serta perilaku. Bila dilihat dari sudut pandang bagian sumberdaya manusia merupakan kepuasan individu di dalam menduduki sebuah jabatan. 

Unsur-unsur Desain Pekerjaan :

Menurut T.Hani Handoko dalam bukunya, terdapat tiga unsur yang membingungkan manajer dalam mengembangkan dan mengatur pekerjaan-pekerjaan karyawan agar dapat bekerja lebih produktif dan memuaskan, yaitu :
  1. Sering terjadi konflik antara kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan karyawan dengan berbagai persyaratan desain pekerjaan. 
  2. Sifat unik karyawan dapat menimbulkan berbagai macam tanggapan dalam wujud sikap, kegiatan fisik, dan produktivitas dalam pelaksanaan pekerjaan.  
  3. Perubahan lingkungan, organisasional, dan perilaku karyawan membuat desain pekerjaan, ketetapan pendekatan pengembangan standar kerja dan bentuk-bentuk perilaku karyawan perlu dipertanyakan.
Ketiga Unsur-unsur Desain Pekerjaan yaitu :

A.      UNSUR-UNSUR ORGANISASI

Unsur ini memiliki kaitan erat dengan desain pekerjaan yang efisien untuk mencapai output maksimum dari pekerjaan-pekerjaan karyawan. Dengan adanya efisiensi dalam pelaksanaan kerja akan menenutukan spesialisasi yang merupakan kunci dalam desain pekerjaan.
Tiga unsur desain pekerjaan organisasi, yaitu :
  
  1. Pendekatan mekanik, berupaya mengidentifikasikan setiap tugas dalam suatu pekerjaan guna meminumkan waktu dan tenaga. Pendekatan ini lebih menekankan pada factor edisiensi waktu, tenaga, biaya, dan latihan.  
  2. Aliran Kerja, ini dipengaruhi oleh sifat komoditi yang dihasilkan oleh suatu organisasi atau perusahaan guna menentukan urusan dan keseimbangan pekerjaan. 
  3. Praktek-praktek kerja, yaitu cara pelaksanaan pekerjaan yang ditetapkan, ini bisa didasarkan kebiasaan yang berlaku dalam perusahaan, perjanjian, atau kontrak kotak serikat kerja karyawan, kesepakatan bersama.

B.      UNSUR-UNSUR LINGKUNGAN

Factor lingkungan yang mempengaruhi desain pekerjaan adalah tersedianya tenaga kerja yang potensial, yang mempunyai kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan pengharapan-pengharapan social, yaitu dengan tersedianya lapangan kerja serta memperoleh kompensasi dan jaminan hidup yang layak.


C.      UNSUR-UNSUR PERILAKU 

Mempertimbangkan keinginan menusia dalam pelaksanaan suatu pekerjaan yang terdiri dari :
  • Autonomy (Responsibility for work) , bertanggung jawab atas apa yang dilakukan.
  • Task Variety (use of different skill and ability), variasi pekerjaan yang dimaksudkan untuk menghilangkan kejenuhan dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan rutin.
  • Task Identity (doing the whole piece of work), pekerjaan perlu diidentifikasikan sehingga kontribusinya terlihat yang selanjutnya akan menimbulkan kepuasan.
  • Task Siginificance (meaning of work to other), pekerjaan yang kita lakukan harus bermanfaat untuk karyawan/pihak lain.
  • Feed Back (information on performance), , perlunya diberikan umpan balik atas pekerjaan yang telah dilakukan sehingga memotivasi dalam pelaksanaan pekerjaan.

Teknik dalam mendesain ulang pekerjaan :
  • Job Enlargement (meningkatkan cakupan pekerjaan. Sama dengan meningkatkan job variety, job identity, dan job significance)
  • Job Encrichment (Meningkatkan otonomi. sama dengan meningkatkan job significance)
  • Job Rotation (Meningkatkan job variety, dan job significance)


Sumber :
Agustina,Herdi.2014.Analisa Pekerjaan dan Desain Pekerjaan.Jakarta. Tersedia(Online): http://herdi73.wordpress.com/2014/01/20/analisa-pekerjaan-dan-desain-pekerjaan/.

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/pengantar_manajemen_sumber_daya_manusia/bab_2_desain_pekerjaan_dan_informasi_analisis_pekerjaan.pdf

No comments:

Post a Comment