Friday, September 19, 2014

Rekrutmen Karyawan

September 20th, 2014


Pengertian Rekrutmen : 

Rekrutmen adalah proses menyeleksi dari sejumlah orang baik itu dari dalam maupun dari luar perusahaan sebagai calon tenaga kerja dengan karakteristik tertentu yang memenuhi persyaratan dari perusahaan. 

Hasil dari proses rekrutmen ini adalah orang-orang yang lolos ke tahap-tahap seleksi berikutnya dan setelah melewati proses seleksi tahap demi tahap akan dihasilkan sejumlah orang yang dianggap sebagai orang yang qualified (memenuhi target perusahaan). 

Tujuan diadakan nya rekrutmen karyawan ini adalah untuk mendapatkan orang yang tepat untuk sebuah posisi/jabatan tertentu, dengan ekspektasi orang yang terpilih ini nantinya akan dapat bekerja secara optimum dan bertahan lama di perusahaan tersebut. 

Proses Rekrutmen : 



 


Secara general proses rekrutmen meliputi :

1.  Mengidentifikasi jabatan yang kosong dan berapa jumlah tenaga yang diperlukan. 

Proses rekrutmen dilakukan tentunya karena ada posisi yang lagi kosong atau perusahaan membutuhkan penambahan sejumlah karyawan. Kalau di perusahaan tempat saya bekerja yaitu di Procter & Gamble Operations Indonesia (P&G), departemen yang membutuhkan karyawan tambahan akan meminta kepada departemen HR dan pihak HR akan menampung permintaan tersebut dan akan mereview.

2.   Mencari informasi jabatan melalui analisa jabatan

Persyaratan jabatan (job descriptionharus dibuat secara hati-hati dan sejelas mungkin agar dalam penerapannya nanti tidak ditemui ketidakjelasan yang mengganggu proses selanjutnya.

3.   Menentukan dimana kandidat yang tepat harus dicari.

Dua alternative untuk mencari kandidat yakni dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. 
Di tempat saya bekerja saat ini, untuk menentukan dimana kandidat yang tepat harus dicari pertama sekali yang dilakukan adalah melihat peluang dari dalam perusahaan. Jadi akan diberikan kesempatan bagi karyawan yang ingin pindah role atau pindah departemen, baru setelah diputuskan ternyata tidak ada maka baru dilakukan rekrutmen dari luar. Biasanya proses rekrutmen P&G dilakukan di kampus-kampus.

4.    Memilih metode-metode rekrutmen yang paling tepat untuk jabatan.

Ada banyak metode rekrutmen yang dapat dipilih oleh perusahaan dalam melakukan rekrutmen seperti iklan, employee referrals, walk-ins & write-ins, Depnakertrans, perusahaan pencari tenaga kerja, lembaga pendidikan, organisasi buruh, dan lain sebagainya. 
Di P&G metode rekrutmen yang dilakukan adalah dengan membuka lowongan pekerjaan di kampus-kampus dan melakukan proses rekrutmen oleh orang P&G sendiri (tidak memakai instansi lain).

5.     Memanggil kandidat-kandidat yang dianggap memenuhi persyaratan jabatan

Secara umum perusahaan/instansi pencari kerja akan mengumpulkan berkas-berkas lamaran mereka, dan meminta mereka mengisi formulir lamaran pekerjaan yang telah disediakan untuk selanjutnya diproses dalam tahap seleksi. 
Kalau di P&G tidak memandang latar belakang pendidikan, karena P&G merekrut orang-orang bukan berdasarkan latar belakang pendidikan tetapi berdasarkan softskill yang dimiliki karyawan tersebut apakah memenuhi target P&G apa tidak. 

6.      Menyaring / menyeleksi kandidat dan membuat penawaran kerja.

Proses penyeleksian ini biasanya dilakukan melalu beberapa tahap sampai menghasilkan karyawan yang diinginkan. Di P&G proses seleksi yang dilakukan adalah sistem gugur dimana ketika kandidat tidaklolos pada tahap pertama tidak bisa mengikuti proses selanjutnya. Proses seleksi terdiri dari proses Psikotest, Interview I, Interview II, dan proses offering. Selama interview calon karyawan akan dijelaskan tentang job description nya nanti seperti apa, salary, serta benefit-benefit yang akan didapat selama bekerja di P&G. Terakhir akan ditanyakan apakah bersedia untuk bekerja di P&G apa tidak, kalau bersedia maka tanda tangan kontrak. Dan resmi jadi karyawan tetap P&G. 



Sumber :

Papu, Johannes. 2001. Merekrut Karyawan. Tersedia : http://www.e-psikologi.com/artikel/organisasi-industri/merekrut-karyawan (20 September 2014). 

Prahasta, Indra. 2010. Job Sick-ing. Tersedia : http://indraprahasta.blogspot.com/. (20 September 2014)

MPD.2012.Rekrutmen Karyawan. Tersedia : http://miredboyz.blogspot.com/p/rekrutmen-karyawan.html. (20 September 2014)


No comments:

Post a Comment